Awal tahun 2019 ini, Jepang mengumumkan bahwa mereka telah memasuki era society 5.0. Mereka bercerita kepada dunia, bahwa Jepang telah memasuki peradaban baru, perpaduan teknologi dan kehidupan nyata.

Ini merupakan kejutan baru di awal tahun ini, dimana konsep society 5.0 masih terasa asing di telinga orang Indonesia. Indonesia baru saja mendengungkan revolusi industri 4.0 pada kuartal kedua tahun 2018. Lalu, apakah kita tertinggal jauh dari jepang?

Tentu saja tidak! society 5.0 dan industri 4.0 adalah konsep yang berbeda. 

Revolusi Industri adalah perkembangan alat-alat bantu yang digunakan manusia dalam dunia Industri. Sedangkan, Society menurut Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Science and Technology in Society Forum tahun 2019, Society adalah dinamika perkembangan kehidupan kelompok masyarakat.

Agar lebih jelas, berikut ini kami sajikan perkembangan industri dan society.

Revolusi Industri

Industri 1.0 dimulai pada abad ke-18. Pertama kali ditandai dengan penemuan mesin uap untuk upaya peningkatkan produktivitas yang bernilai tinggi.

Industri 2.0 dimulai pada tahun 1900-an. Ditandai dengan ditemukannya tenaga listrik.

Kemudian, industri 3.0, adalah penggunaan sistem elektronik pada tahun 1970 untuk melakukan otomatisasi pada mesin produksi.

Terakhir, industri 4.0, adalah efisiensi mesin dan manusia sudah mulai terkonektivitas dengan internet of things, semuanya menggunakan internet.

Society atau masyarakat

Masyarakat 1.0 merupakan kelompok yang masih mengandalkan dan bergantung pada alam seperti berburu, serta berkumpul bersama dalam satu kelompok.

Lalu, masyarakat 2.0 merupakan kelompok yang sudah menerapkan kebiasaan bercocok tanam. Dalam hal kehidupan sosial, kelompok ini sudah mengenal tatanan sosial.

Sementara masyarakat 3.0 merupakan kelompok yang sudah mengenal industri untuk mengatasi beberapa masalah seperti produksi massal.

Kemudian era 4.0 adalah kelompok masyarakat yang terhubung dalam jaringan dan teknologi dan informasi.

Sedangkan masyarakat 5.0 merupakan kelompok yang menerapkan teknologi yang berfokus pada kehidupan manusia, yang berlandaskan pada kebiasaan masyarakat.

Keduanya sangat berbeda bukan? industri 4.0 dan society 5.0 adalah dua hal yang berbeda, meskipun mirip karena sama-sama menggunakan teknologi dalam kehidupan manusia.

Lalu, apa bedanya?

Jika Industri 4.0 yang jadi subjek adalah mesin, maka society 5.0 yang jadi subjek adalah manusia 🙂

Akbar Bahaulloh, PuskoMedia Indonesia

Society 5.0 adalah misi PuskoMedia Indonesia. Tahun 2019 ini adalah awal kami untuk mengajak masyarakat Indonesia membangun diri. Puskomedia sendiri saat ini sedang mengembangkan projek-projek untuk memulai kehidupan masyarakat pintar.